Rekomendasi Tahu Gimbal


Tahu gimbal adalah makanan khas Kota Semarang. Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang.

Kata gimbal sendiri berasal dari campuran bahan kuliner tersebut yaitu udang goreng yang dilumuri dengan tepung terigu, air, dan beberapa bumbu dapur serta sedikit toge, kemudian digoreng sehingga menghasilkan bentuk yang padat menggumpal atau dalam bahasa jawa disebut dengan “kempel”.

Berikut ini adalah 3 rekomendasi tahu gimbal yang ada di Semarang :


1. Tahu Gimbal Pak Edi
Tempatnya berada di Jl. Menteri Supeno, yang berada di seberang Taman Indonesia Kaya dan hanya berjarak 400 meter dari Simpang Lima. Tahu gimbal ini terkenal berkat saus kacangnya yang kental dan terasa bawang putihnya. Tahu gimbal Pak Edy buka mulai pukul 16.00-23.00 setiap harinya.

2. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Salah satu warung penjual tahu gimbal yang sangat terkenal adalah Tahu Gimbal Lumayan Pak Man. Warung ini juga dikenal dengan Tahu Gimbal Plampitan yang sudah berdiri sejak tahun 1950-an. Nama Plampitan diberikan karena lokasi dari warung yang berada di Jl. Plampitan No.54 dan lokasi bisa dibilang cukup strategis karena hanya membutuhkan waktu 5 menit dari Simpang Lima. Setiap hari warung Lumayan Pak Man buka pukul 11.00 dan tutup ketika menu yang disediakan sudah habis tidak tersisa.

3. Tahu Gimbal Pak To

Lokasinya berada di Jl. Batan Selatan dan berada satu lokasi dengan Pusat Kuliner Batan.Tahu gimbal Pak To terkenal dengan bumbu kacang yang manis gurih dengan cita rasa bawang putih yang kental. Bukan hanya itu, bakwan udang dan potongan telurnya cukup besar. Tahu gimbal Pak To buka setiap hari mulai pukul 10.00-22.00.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Tahu Petis

Rekomendasi Wingko Babat